Sejarah System Operasi Komputer

Sejarah System Operasi - System operasi yang sering kita sebut OS merupakan kependekan kata dari bahasa inggris,  yaitu Operating System.  System Operasi merupakan suatu susunan sintaks pemrograman yang telah diatur dan memiliki logika tertentu serta dalam format file tertentu yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar pada sistem.

sejarah sistem operasi komputer
sejarah sistem operasi

Perkembangan Sistem Operasi Komputer


Perkembangan system operasi komputer tidak hanya bertujuan untuk mengontrol perangkat keras komputer, akan tetapi juga bertujuan untuk pengolahan data tingkat lanjut, seperti menjalankan software aplikasi berupa program-program pengolah kata dan web browser.

Software-software lainya seperti aplikasi pengolah data, grafis, serta video berjalan diatas system operasi yang sedang bekerja pada komputer. Fungsi utama dari sebah sistem operasi adalah menyediakan interface (antarmuka) antar aplikasi user (pengguna) dan hardware (perangkat keras) komputer. 

Aplikasi user (pengguna) adalah konsep program yang ditulis untuk membantu pengguna komputer dalam menyelesaikan pekerjaanya  seperti program office, akuntansi, pememprosesan data, system database, serta aplikasi lainya yang dibutuhkan pengguna komputer.

Proses sistem operasi pada dasarnya meliputi akses ke Disk ( Media penyimpanan), manajemen memori, scheduling task, serta antarmuka pengguna dengan hardware (perangkat keras). Bagian utama yang berisikan kode untuk melakukan fungsi utamanya disebut "Kernel". Dari pernyataan ini, munculah persepsi bahwa sistem operasi merupakan seperangkat sofware yang didalamnya termasuk Kernel serta paket  aplikasi software lainya.

Jadi, inti dari sistem operasi yang disebut kernel mempunyai tugas mengatur sumber daya perangkat keras, mencegah terjadinya konflik/tabrakan antar program aplikasi yang ada, dan pada sistem operasi multiuser (banyak pengguna) bertanggung jawab mencegah terjadinya konflik di antara komputasi yang dibutuhkan oleh setiap pengguna yang sedang login (masuk) ke komputer.


Sejarah Sistem Operasi Berdasarkan Generasi


Sistem operasi generasi pertama (Tahun 1945 - 1955)
Sistem operasi generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada yang namanya sistem operasi komputer, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

Sistem operasi generasi ke-dua (Tahun 1955 - 1965)
Sistem operasi generasi ke-dua memperkenalkan BPS (batch processing sistem) yaitu pekerjaan yang di kerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berururan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada.

Sistem operasi generasi ke-tiga (Tahun 1965 - 1960)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana user atau penguna dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi user (Digunakan oleh banyak penguna sekaligus). Dan multi programing (Melayani banyak program sekaligus). 

Sistem operasi generasi ke-empat (Tahun 1980an--pasca 1980an)
Dewasa ini sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer, dimana user menyadari keberadaan komputer - komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain.

Jenis - Jenis Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi komputer dari generasi pertama sampai saat ini cukup mengalami banyak perkembangan serta banyak jenisnya, diantaranya yaitu sistem operasi :
  • Posix
  • Unix
  • Ms Dos
  • Ms WINDOWS
  • Linux
  • Apple 
  • Android dll.

Dari beberapa contoh system operasi diatas pada dasarnya terdapat dua jenis tampilan interface, yaitu berbasis text serta gui.

Itulah penjelasan mengenai Sejarah Sistem Operasi komputer serta jenis-jenis sistem operasi pada komputer. Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua. 

Sejarah System Operasi Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eko Dedi

0 komentar:

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?