Pengertian Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Pelanggaran Hak Asasi Manusia - Pada saat ini, kehidupan, kebebasan dan kebahagiaan manusia sering diabaikan baik oleh manusia itu sendiri ataupun oleh oknum pemerintah. Padasar ketiga hal tersebut suata hal yang sangat mendasar dan harus dimiliki oleh manusia serta tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun, sebagaimana telah ditetapkan pada Pasal 28 I ayat (1) Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran, dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi dihadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apa pun.

Contoh pelanggaran hak asasi manusia
Pengertian Pelanggaran HAM

Pengertian Pelanggaran Hak Asasi Manusia


Selain setiap manusia mempunyai hak asasi, setiap manusia juga mempunyai kewajiban asasi. Kewajiban asasi manusia adalah menghormati, menjamin dan melindungi hak asasi manulisa lainya. Hak hidup, kebebasan dan kebahagiaan seorang manusia dapat dijamin dan dilindungi, apabila dia sendiri telah menjamin serta melindungi hak hidup, kebebasan dan kebahagiaan orang lain, apabila hal tersebut tidak terwujud, maka akan terjadi pelanggaran HAM. 

Dengan begitu dapat disimpulkan secara sederhana bahwa Pelanggaran Hak Asasi Manusia adalah pelanggaran atau kelalaian terhadap kewajiban asasi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain.


Pengertian Pelanggaran HAM


Jika kita lihat pada Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor 39 Tahun 1999 tentang  Hak Asasi Manusia yang dimaksud dengan pelanggaran hak asasi manusia adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Dengan demikian dalam konteks Negara Indonesia, Pelanggaran Hak Asasi Manusia merupakan tindakan pelanggaran kemanusiaan baik dilakukan oleh individu maupun oleh institusi negara atau institusi lainya terhadap hak asasi manusia.


Sekian pembahasan kita kali ini mengenai Pengertian Hak Asasi Manusia, dari beberapa pengertian diatas dapat kamu jadikan referensi untuk bahan belajar mengenai hak asasi manusia yang harus dijaga dan diutamakan dalam bermasyarakat. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

Sumber :
Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas XI Semester 1

Pengertian Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eko Dedi

0 komentar:

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?