Pengertian Wawancara, Tujuan Wawancara, dan Jenis Wawancara

Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba mengartikan Pengertian Wawancara, Bagi kamu yang belum mengetahui apa artinya itu, mari kita simak pembahasannya.

Pengertian Wawancara adalah proses tanya jawab secara lisan antara dua orang ataupun lebih secara langsung. Pewawancara itu biasa sering disebut dengan Interview dan orang yang diwawancarai disebut sebagai Interviewee.

Tujuan Wawancara

Untuk mengetahui lebih jelas apa saja sebenarnya tujuan dari wawancara ini yaitu:
  1. Tujuan wawancara adalah sebagai pelengkap teknik pengumpulan lainnya.
  2. Tujuan Wawancara adalah untuk menguji hasil pengumpulan data lainnya.
  3. Tujuan Wawancara adalah untuk mendapatkan data dari tangan pertama.

Petunjuk melakukan wawancara.

  1. Interview harus mengenalkan dirinya kepada interveiwee, baik itu secara langsung maupun tidak langsung, juga harus menyampaikan maksud dari penelitian untuk kemajuan ilmu dan kepentingan untuk bersama.
  2. Harus menciptakan hubungan baik dengan interviewee dengan cara saling menghormati, mempercayai, kerja sama, memberi dan menerima.
  3. Ciptakan suasana santai usahakan tidak tergesa-gesa dalam mengajukan pertanyaan.
  4. Harus terampil dalam bertanya, maka dari itu kamu harus membuat urutan, seperti pembicaraan pembukaan, gaya berbicara yang tidak berbelit-belit, atur nada agar tidak membosankan, mencatat dan menilai jawaban, mengatur waktu bertanya.
Nah, sesudah kamu mengetahui pengertian dan petunjuk wawancara, sekarang kamu juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis wawancara tersebut.

Wawancara ini terbagi dari dua jenis:

1. Jenis wawancara Terpimpin.

Pengertian Wawancara terpimpin adalah wawancara yang tidak terarah. kelemahan dari wawancara ini adalah tidak efesien dalam hal waktu, biaya maupun tenaga. Namun, keuntungan dari wawancara ini terpimpin yaitu cocok untuk penelitian penduhuluan, tidak memerlukan keterampilan bertanya dan dapat memelihara kewajaran suasana.

2. Jenis Wawancara tidak terpimpin.

Pengertian Wawancara tidak terpimpin adalah sebaliknya dari Wawancara terpimpin yaitu wawancara yang terarah untuk mengumpulkan data-data yang relevan. Kelemahan dari wawancara tidak terpimpin ini adalah suasana yang menjadi formal dan kaku. Keuntungannya yaitu pertanyaan yang diajukan sistematis, sehingga mudah diolah kembali.

Sekian dari informasi tentang Pengertian wawancara kali ini. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan bisa menambah wawasan anda terhadap wawancara.

Sumber
Husaini Usman dan Purnomo, 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Yang Menerbitkan PT Bumi Aksara : Jakarta

Pengertian Wawancara, Tujuan Wawancara, dan Jenis Wawancara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al Fikri

1 komentar:

  1. wah baru tahu jenis wawancara, ada untung dan ruginya ternyata

    ReplyDelete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?