Pengertian dan Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi

Untuk pengertian Demokrasi secara Etimologis, istilah demokrasi ini berasal dari bahasa Yunani tentunya yaitu "Demokratien" ini terdiri dari dua kata, demos dan kratein. Demos artinya adalah Rakyat dan Kratos Pemerintahan.

Setelah itu menurut Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke-16 bahwa Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sehingga suatu pemerintahan dikatakan menerapkan demokrasi apabila kekuasaan tertinggi ada ditangan rakyat dan segala tindakan Negara harus ditentukan oleh kehendak rakyat.

Alasan memilih sistem pemerintahan demokrasi

Menurut Moh. Mahfud MD, ada dua alasan dipilihnya demokrasi sebagai sistem bermasyarakat dan bernegara, yaitu:
  1. Hampir semua Negara didunia ini telah menjadi demokrasi sebagai asas yang fundamental
  2. Demokrasi sebagai asas kenegaraan secara esensial telah memberikan arah bagi peranan masyarakat untuk menyelenggarakan negara sebagai organisasi tertingginya. Karena itu diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang benar pada warga masyarakat tentang demokrasi.
Pengertian Demokrasi

Nilai-Nilai Demokrasi

Nilai-nilai demokrasi sesungguhnya merupakan nilai-nilai yang diperlukan untuk mengembangkan pemerintahan demokratis. Berdasarkan nilai atau kondisi inilah, sebuah pemerintahan demokratis dapat ditegakkan. Sebaliknya, tanpa adanya kondisi ini, pemerintahan tersebut akan sulit ditegakkan. Nilai-nilai yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut : 

a. Kebebasan menyatakan pendapatan
b. Kebebasan berkelompok
c. Kebebasan berpartisipasi
d. Kesetaraan Antar-Warga
e. Kesetaraan Gender
f. Kedaulatan rakyat
g. Rasa Percaya (Trust)
h. Kerjasama

Demokrasi. Menurut Para Ahli

Para ahli telah mengemukakan pengertian demokrasi secara istilah. Yang jelas semua pengertiannya berbeda-beda. Tergantung kitanya saja lagi, mungkin anda juga berhak tidak setuju dengan pengertian yang dikemukakan para ahli ini.

1. Menurut Joseph A. Schmeter

demokrasi merupakan suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik dimana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan kompetitif atas suara rakyat.

2. Menurut Sidney Hook

Ia berpendapat tentang pengertian demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintahan  yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan  pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat desawa.

3. Philippe C. Schmeter

Menyatakan demokrasi suatu sistem pemerintahan dimana pemerintahan dimintai tanggung jawab atas tindakan-tindakan  mereka di wilayah publik oleh warganegara, yang bertindak secara tidak langsung melalui kompetisi dan kerjasama dengan para wakil mereka yang telah terpilih. 

Nah, mungkin seperti itulah kira-kira, bagaimana? pastinya kalian yang belum tahu tentang Pengertian dan Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi ini bisa langsung tahu. Sampai disini saja artikel saya kali ini, semoga bermanfaat ya sobh...

Pengertian dan Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al Fikri

1 komentar:

  1. di negara ini adalah demokrasi, tetapi kenapa masih banyak oknum-oknum yang tidak memahami apa itu demokrasi ya pak, makanya banyak yang seenaknya sendiri

    ReplyDelete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?