Pengertian Drama dan Jenis-jenis Drama

Drama! mendengar kata drama, pasti yang ada dibenak kita adalah film-film yang ada di Indosiar, karena hanya Indonesiarlah kita bisa sering menonton film-film drama. Ya... mungkin ini hanya fakta.

Drama

Kita tahu Drama,tetapi kita bingung untuk mendeskripsikan apa Pengertian dari Drama. Pengertian drama adalah bentuk tontonan yang mengandung cerita yang dipertunjukkan didepan orang banyak. Lebih singkatnya lagi, pengertian drama adalah kisah hidup manusia dalam masyarakat yang ditampilkan dipentas/panggung.

Jika sudah mengetahui arti dari drama ini, tentu kita juga harus mengetahui Sejarah Drama. Drama sudah ada pada zaman dahulu, jelas sekali yang sedang membaca artikel ini pastinya belum lahir dong. Pada zaman itu nenek moyang kita sudah memainkan drama sejak ratusan tahun yang lalu.

Bukti bahwa drama dimainkan pada abad kelima Sebelum Masehi yang didasarkan temuan naskah drama kuno di Yunani, yang ditulis oleh Aeschylus yang hidup antara tahun 525-456 SM. Untuk isi lakonnya yaitu berupa persembahan untuk memohon kepada Dewa-dewa.
Perlu kita ketahui juga bahwa jenis-jenis drama itu ada bermacam-macam. Yang pasti kalian sudah pada tahu bukan! Yups... jika belum mengetahuinya biar saya beritahu agar bisa lebih tahu (Kok jadi bolak-balik -,-)

Berdasarkan penyajian lakon, drama dibedakan menjadi 8 Jenis, apa sajakah itu?
1. Komedi
2. Tragedi
3. Opera
4. Tablo
5. Tragekomedi
6. Melodrama
7. Farce
8. Sendratari

Apabila dilihat dari yang didasarkan penyajian lakon drama dibagi menjadi 8, sedangkan berdasarkan sarana pementasannya dibagi menjadi 6 bagian, yaitu :
1. Drama Bokena
2. Drama Wayang
3. Drama Film
4. Drama Televisi
5. Drama Radio
6. Drama Panggung

Tidak terlalu panjang lebar penjelasan saya kali ini, tetapi semoga ini bisa membantu anda yang sedang mencari tugas tentang Pengertian drama dan jenis drama. Jika ada kesalahan dalam kata-kata diatas saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Pengertian Drama dan Jenis-jenis Drama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al Fikri

2 komentar:

  1. banyak juga jenis drama itu mas, wajib diketahui untuk yang lagi sekolah nih, khususnya mapel bahasa indonesia

    ReplyDelete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?