Cara Share Printer Lewat Jaringan LAN atau Wifi

Sudah lama sekali saya tidak menulis, kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara share printer melalui jaringan Lan atau pun wifi.

Mungkin bagi anda yang bekerja di kantoran yang selalu bergelut dengan berkas-berkas, laporan, dokument atau segala macamnya, printer adalah suatu prangkat yang sangat wajib untuk mencetak hasil kerja keras kita tadi.

Tetapi bagaimana jika dikantor banyak yang menggunakan komputer dan semua komputer tersebut membutuhkan printer, sedangkan kantor hanya menyediakan satu Printer saja. Pastinya hal ini bakal membuat kamu kewalahan.

Kenapa?karena pasti kamu harus cabut-cabut kabel dan pindah kesana kemari printernya. Hmm.. untuk itu sobat bisa menggunakan cara yang saya share ini, langsung saja disimak ya gan. semoga bermanfaat.

Sebelum itu kamu harus memastikan terlebih dahulu
  • Printer sudah harrus terinstall pada komputer.
  • Kabel LAN dipastikan sudah tersambung disemua komputer yang akan share dan menerima share jika menggunakan LAN.
  • Bila anda menggunakan wi-fi, pastikan semua komputer terhubung dengan wi-fi dan komputer harus bisa mengakses wi-fi.
  • Pastikan IP address pada masing-masing komputer sudah diatur dengan baik dan benar dan workgroupnya harus sama.

1. Setting komputer master (komputer yang terhubung dengan printer)

1. Masuk ke Control Panel - Ketikkan : Advanced Sharing, seperti pada gambar dibawah ini.
share printer
2. Pilih TURN ON pada semua pilihan yang ada kecuali yang Password Protected Sharing itu centang TURN OFF supaya disaat menggunakan tidak perlu menggunakan password
3. Share printer agar semua PC bisa menggunakannya. Caranya: buka Start - Devices And Printer - Klik kanan pada printer yang akan disharing - Pilih Menu Sharing - Jika sudah Printer properties pilih tab sharing - disini ada 2 pilihan, pilih opsi Share this printer, share namenya beri nama MULTI AJAIB.
4. Klik Additionel drivers, supaya printer share bisa diakses oleh sistem operasi yang berbeda, centang x64 dan x86.
2. Setting pada komputer Client.
1. Tekan Windows+E dari komputer yang ingin mendapatkan share dari komputer yang tersambung 2. langsung dengan printer tadi - Buka Network - Silahkan klik nama komputer yang langsung tersambung dengan printer.
3. Klik dua kali pada ikon printer, install seperti biasa.
4. Selesai, disaat anda ingin menggunakan printer anda harus mengganti dengan printer dengan nama depan komputer yang tersambung langsung dengan printer.

cara share printer kebanyak komputer

Mungkin ini saja yang bisa saya share hari ini, semoga tutorial Cara Share Printer Lewat Jaringan LAN atau Wifi ini bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa jika anda sudah bisa melakukan ini, bagikan artikel ini keteman anda, melalui tombol share dibawah, terima kasih...

Cara Share Printer Lewat Jaringan LAN atau Wifi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al Fikri

8 komentar:

  1. bagus juga cara ini, dari pada main cabut kabel printer, terus kalau terlalu sering di cabut bisa rusak juga,.. cara ini lebih baik dan aman,..

    ReplyDelete
  2. Wah ilmu baru nich buat saya. Makasih sharingnya sob :)

    ReplyDelete
  3. ternyata caranya gampang juga yah.... enggak perlu repot2 cabut kabel

    ReplyDelete
  4. Saya sempat setting ini di kantor, tetapi nampaknya tidak bertahan lama karena printernya ngambek setelah semua penghuni kantor kalo ngeprint berbarengan dan banyak-banyak... jadi rebutn jarak jauh namanya hehe

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Kemarin saya ada coba, dari windows 7 ke windows 8, bisa mas arjuna :)

      Delete
  6. Makasih sangat membantu ..http://www.pendidikankomputer.com/

    ReplyDelete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?