Cara Melaporkan Penipuan Online Dengan Mudah

Penipu. Hmm... mendengar kata-kata tersebut pasti sobat sangat kesal sekali apabila sobat habis tertipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang awalnya baik dan menurut anda orang tersebut bisa dipercaya, memang begitulah gaya seorang penipu.

Bukan hanya didunia nyata saja banyak penipu, tetapi menurut saya penipu lebih banyak didunia maya, baik itu dari Internet maupun melalui Handphone yang sekarang marak beredar dimana-mana dengan modus segala macam cara yang dilakukannya.

Biasanya para penipu banyak juga berkeliaran disitus-situs terkenal di Indonesia seperti Olx.co.id dan berniaga.com dan masih banyak lagi situs toko online lainnya.

Nah, ini banyak sekali yang belum tahu bagaimana cara melaporkan penipuan online tetapi bagi sebagian orang ada juga yang pasrah akan hal ini. Mungkin jangan dibiarkan begitu saja, untuk itu saya akan memberikan cara melaporkan penipuan online atau SMS ke Polisi.
Cara melaporkan Penipuan

1. Langsung melaporkan ke Kantor polisi

Untuk langkah yang wajib anda lakukan melaporkan para penipu kekantor polisi terdekat:

▶ Silahkan datang ke kantor polisi jangan lupa anda membawa bukti sebagai alat dasar penyelidikan contohnya anda bisa membawa bukti transfer ke rekening penipu, nanti Polisi akan membuat laporan yang berisikan identitas terlapor dan juga pelapor.

▶ Nanti anda akan diberikan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) ini adalah bukti bahwa anda telah melaporkan tindak pidana yang sedang Anda alami

▶ Kemudian anda hanya tinggal menunggu perkembangan kasus yang sedang ditangani, setelah itu anda akan mendapatkan surat pemberitahuan perkembangan Hasil Penyidik (SP2HP).

2. Melapor melalui Email

Mungkin kantor polisi terlalu jauh dari rumah anda sehingga anda kesulitan untuk pergi kekantor polisi, anda juga bisa melaporkan penipuan online melalui Email. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Email Resmi Kepolisian Indonesia cybercrime@polri.go.id
  2. Berikan info detail bagaimana jalannya transaksi
  3. Masukkan bukti seperti bukti pengiriman atau bukti transfer, sms ataupun email dari penipu
  4. Sertakan info semua data-data penipu, seperti Nomor Rekening, nomor Handphone yang digunakan oleh penipu.
Apabila ada kesalahan didalam artikel ini saya mohon maaf, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda semua, dan semua masalah akan terselesaikan. Demikianlah artikel saya yang berjudul Cara Melaporkan Penipuan Online atau Sms ke Polisi ini semoga bermanfaat...

Cara Melaporkan Penipuan Online Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al Fikri

28 komentar:

  1. Nah cara yang kedu itu yang perlu dicoba neh, kalo harus ke kantor polisi kelamaan registrasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar juga sih, melaporkan penipuan melalui email atau online lebih mudah juga menurut saya mas :-bd

      Delete
  2. biar tidak tertipu di online shop mending beli di online shop yang udah terpercaya saja ya pak.

    ReplyDelete
  3. Kunjungan pagi, belum ada yang mesti dilaporkan neh hehe...

    ReplyDelete
  4. nahh keren nii infonya mas saya langsung simpen yahh boleh ? :)

    ReplyDelete
  5. sudah tidak berlku lagi kayanya email tsb

    ReplyDelete
  6. Kok alamat emailnya Mail failure delivered?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin benar kata mas Deny, alamatnya sudah tidak berlaku lagi ...

      Delete
  7. hati hati terhadap Alvin Yosia Setiawan penipu dengan nama Yepasloya advertise no rekening bank BCA 3890433871, sebarkan

    ReplyDelete
  8. cara melacak no hp gimana ya caranya

    ReplyDelete
  9. hati" dengan penipu dengan nama Natalia pangaribuan
    dengan no rek BRI 7229-01-008482-53-4 saya ketipu ama dia dari Olx nyesel banget belanja di olx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceritanya gimana Reihan. Sy coba belanja dan coba cek nama dia.

      Delete
    2. sama bro saya juga tertipu di olx (Ktownkicks)

      Nomor Telfon : 0895331534024
      Pin BBM : 7C15B8DC dan 5A11D4D6
      No rekening : BNI 0354245971 atas nama Lina Meliyana

      ati ati yang mau beli Online tidak semua orang terpercaya

      Delete
    3. sama kak saya juga tertipu di olx
      no. telp : 08887914377 dan 087705793714 atas nama Indra Giri Sulastiana
      pin bbm : 5b707533
      no rek : 106-00-1162979-0 atas nama Samuel Prabu


      Delete
  10. Di onl dan di berniaga ada nama toko jawa alias sugeng / mas awal jawa / jawa berkah / sugiman sugeng dia penipu by Olx untuk jenis motor dan elektro nik, sodara saya tertipu, korban dia.

    ReplyDelete
  11. Mungkin ini juga bisa menjadi media lapor alternatif lainnya,www.laporpolisi.comSitus lapor polisi secara online berbasis media sosial-Anda menjadi korban?Laporkan segala tindak kejahatan,penipuan,kehilangan,kekerasan maupun kejahatan lainnya disekitar anda disini LAPOR PAK POLISI

    ReplyDelete
  12. Saya ingin melaporkan, saya telah ditipu oleh pemilik rekening Bank Syariah Mandiri 7081887408 atas nama Yanuar Budi Handoko. Hati2 yaa semuanya, saya ketipu 505rb

    ReplyDelete
  13. Buat peringatan kalo email cybercrime@polri.go.id . itu palsu ini linknya
    http://www.inikabarku.com/2013/04/alamat-email-pengaduan-penipuan-belanja.html

    ReplyDelete
  14. CERITA PENGALAMAN KENA TIPU.
    HATI HATI dengan belanja ONLINE HP BM.
    Mereka mangatasnamakan |D SHOP||D SHOP| |D SHOP| |D SHOP|

    "SRY (D SHOP) DISTRIBUTOR SHOP BM"

    PIN BB : 28A7F3C8 / 2856B078
    AN : SRY INDRA WAHYUNI
    BANK : MESTIKA
    ALAMAT : JL. Sentosa RT 77 Gg. Kenangan 7 Dalan Kel. Sungai Pinan Dalam
    Samarinda, Kalimantan Timur

    (Ini pengalaman buruk yang menimpa sodara saya)
    Alih alih jual HP BM dengan harga miring.
    kalo mau cek invite saja BBM nya.
    Jangan TERTIPU DENGAN SURAT IZIN TEMPAT USAHA (SITU)
    Itu jelas PALSU !!
    Sewaktu diminta KTP / Identitas lain pasti tidak dikasih.
    Model nya suruh transfer dulu di Rekening Bank Mestika nanti di janjikan barang akan langsung di kirim.
    Tapi kenyataanya No Resi tidak dikasih.
    di BBM dengan PIN lain alih-alih JNE error dan dikirim lewat bus.
    Setelah itu kontak anda di BLOCKIR
    Semua percakapan hilang, usahakan kalo sedang BBM dengan SRY INDRA WAHYUNI percakapanya di SS (Screenshot).
    Dia itu PENIPU !!!
    SO BERHATI - HATI LAH
    JANGAN TERGIUR HARGA MURAH

    ReplyDelete
  15. saya tertipu dengan mengatas namakan PT.MTRONIK.. bahwa saya memenang kan uang 100jt. dan sangat meyakin kan saya sapai2 saya udah tranfer sebesar Rp.4.300.000,- tidak sampai di situ masih banyak bla-bla nya saya mulai curiga dia mintak saya tranfer lg sebesar 15jt. tapi saya tidak mau dan dia menawar kan 5jt saja yang 10jt biar dia yang bantu. hari ini dia masih tlpn saya tapi saya gx ngangkat.. tolong saya supaya orang ini di tangkap.. ini web nya http://www.pt-mtronik75.blogspot.com
    saya dapat dengan nomor pin 25e477r. ini nomor2 hp mereka. Candra widodo hp.085822221437. 085820586666. ini no rekening nya BRI A/N NITA 708901010451539

    ReplyDelete
  16. Hati-hati jika kalian semua ingin berbelanja di situs seperti OLX, karena pembayarannya langsung ke penjual, tidak melalui OLX terlebih dahulu.

    Jadi, kalau ingin berbelanja online yang aman, hanya di Elevenia, Bukalapak, lazada. dah 3 itu aja kok :)

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. mohon ditindak atas norek berikut karena sangat meresahkan dan sudah memakan banyak korban :
    1. 0948066460 bank bca a/n rosmawan
    2. 0229714450 bank bni a/n entol bayu nugraha
    terima kasih

    ReplyDelete
  19. Coba share juga pengalaman anda pada situs laporpolisi.com agar ruang gerak para pelaku bisa dibatasi. Sehingga masyarakat dapat informasi yang berharga.

    ReplyDelete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?