Aktifkan Moderasi Komentar Pada Blog Anda

Kolom komentar pada sebuah website memang sangat penting sekali, karena hal ini memang sangat dibutuhkan oleh pengunjung yang ingin bertanya dan memberikan respon pada artikel anda. Bagaimana jika blog atau website anda tidak memiliki kolom komentar, mungkin pengunjung atau pembaca blog anda akan sedikit kecewa.

Dulu saya pernah sempat ingin menghilangkan kolom komentar pada blog saya ini, tetapi saya sudah berpikir dua kali untuk tidak menghilangkannya. Terus jika saya hilangkan kolom komentar tersebut, blog saya akan terasa sepi tanpa adanya form komentar.

Blogger Comments

Banyak orang-orang beranggapan bahwa mengaktifkan moderasi komentar pada blog itu akan membuat pengunjung atau pembaca blog menjadi kesal karena komentar mereka tidak langsung muncul dan harus menunggu persetujuan dari admin blog atau website.

Sebenarnya mengaktifkan moderasi komentar pada blog itu sangat penting sekali, jika misalkan ada spammer seperti yang memberikan link-link aktif kedalam kolom komentar blog anda, ini akan berdampak buruk bagi blog anda sendiri.

Komentar spam muncul, setelah itu dihapus? Menurut saya jika komentar spam tersebut sudah muncul kemudian admin blog menghapus komentar spam yang sudah muncul tadi, ini akan mengakibatkan Broken Link. 

Banyak blogger yang tidak memoderasi komentar di blog mereka

Tidak sedikit blog yang memilih untuk tidak memoderasi komentar pada blog mereka itu sendiri. Jadi, jika ada komentar yang masuk pada blog mereka akan langsung terlihat (live) di blog mereka. Menurut saya hal ini ada bagusnya juga, karena sipemberi komentar akan merasa senang sekali.

Kebanyakan komentar spam ini sangat tidak sesuai sekali dengan isi artikel yang dibahas oleh admin, dan juga berisi link-link website yang mereka tujukan. Bahkan banyak juga spammer menggunakan software untuk memberikan komentar spamnya. Yang jelas komentar spam ini sangat tidak ada manfaatnya sekali bagi blog anda dan juga hanya membut blog anda menjadi tidak lebih profesional.

Aktifkan Moderasi Komentar Pada Blog Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al Fikri

6 komentar:

  1. Saya kadang-kadang mengaktifkan moderasi komentar mas. Ini tergantung situasi, jika ternyata banyak arus link promosi atau spame, saya akan memoderasinya kemudian...Terima kasih sharingnya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya dari dulu sudah memoderasi komentar yang masuk mas, jadi gak langsung live :)
      sama-sama, terima kasih juga sudah berkunjung

      Delete
  2. Belakangan banyak sobat yang memoderasi komentar, tapi saya masih istiqomah live saja deh biar enak dipandang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, mungkin untuk menghindari spammer :)

      Delete
  3. Kalau komentar google+ memang belum ada cara moderasinya yah gan?

    ReplyDelete
  4. Bener banget, thx infonya, oh iya klo mau bertukar link/banner monggo kesinia ya....

    http://komunitasbelajarkomputer.blogspot.co.id/2015/09/ayo-tukaran-link.html

    ReplyDelete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?