Cara Mengatasi Sound Laptop yang Mati

Pada saat ini mungkin sudah hampir semua orang dari konglomerat sampai rakyat kecil pun sudah mengenal laptop. Laptop ini merupakan komputer jinjing yang bisa kita bawa kemana-mana dan dengan adanya segudang fasilitas yang sangat diperlukan sekali. Mungkin sebagian sobat multi ajaib menggunakan laptop ini untuk pekerjaan seperti ngeblog atau hanya menyalurkan hobby saja seperti bermain game atau juga menonton film dan video.

Tetapi saking banyaknya merk-merk laptop yang kualitasnya berbeda-beda, biasanya salahsatu masalah yang sering kali ditemui adalah sound laptop mati atau tidak berfungsi. Dari berbagai merk laptop misalnya Acer, Dell, Toshiba, Lenovo, dan lain-lain pasti pernah mengalami hal yang serupa juga. Selain itu masalah yang sering muncul dari sound laptop tersebut selain mati yaitu bunyi sound yang terlalu kecil, sound tidak keluar suara atau bahkan hilang sekaligus.

Cara mengatasi Sound laptop error

Bagi sobat multi ajaib yang mengalami sound laptop tidak berfungsi optimal atau mati. Kali ini multi ajaib akan memberikan cara sederhana yang bisa anda lakukan atau cek untuk memastikan kelainan pada sound laptop atau komputer masing-masing, apa sajakah itu.

1. Cek Menggunakan Headset atau Speaker Eksternal

melakukan pengecekan menggunakan speaker atau headset. Nantinya headset tersebut akan ditancapkan pada socket laptop anda. Apabila headset ataupun sound eksternal itu berbunyi atau ada suaranya berarti kerusakannya terletak pada sound atau speaker laptop anda.

2. Memeriksa Sound Card komputer anda.

Klik start - control panel - system and security - klik device manager pada menu system. Double klik pada menu sound, video and game controllers. Disitu anda bisa melihat dan harus anda pastikan ada sound card yang sudah terinstall.

3.Pastikan driver sudah terinstall

Sobat harus memastikan pada software driver. Contohnya ketika menggunakan "realtek audio manager", ketikan sobat menancapkan speaker ataupun headset pada komputer, maka  nanti akan muncul pemberitahuan dari driver untuk menentukan jenis device yang baru saja sobat pasang, ini harus anda pastikan untuk memilih jenis device yang sesuai misalnya headphone.

4. Menggunakan Troubleshooter bawaan Windows

Tool ini dapat membantu sobat menemukan masalah apa yang ada dikomputer, sehingga sobat bisa segera memperbaikinya. Untuk mendapatkan link tersebut anda bisa membuka link ini http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=260596, setelah anda membuka link tersebut pilih saja Open with diagnostics troubleshooting wizard. Klik Ok.

Semoga saja Cara Mengatasi Sound Laptop yang Mati ini bisa bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya. Jangan lupa bagikan artikel ini keteman anda ya. Terima kasih,

Cara Mengatasi Sound Laptop yang Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al Fikri

40 komentar:

  1. Salam siang Mas. saya ngalamin hal seperti yang Mas Tuli. speaker laptop saya mati mungkin sudah lama juga sih. karena saya gak paham saya bawa aja ke service reminya
    Mungkin cara mas ini, bisa saya pelajari buat cadangan ya Mas? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah... silahkan mas saud pelajari terlebih dahulu ya mas :) semoga bermanfaat,

      Delete
  2. Wah harus nunggu Mas Berbaik hati semoga komentar saya di approve ya Mas..? saya kan Fans berat blog multiajaib ini. salam santun dan salam ceria :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... selain komentar yang gak ada link sama iklan iklan gak jelas gitu deh pokoknya gak akan saya Approve mas :D

      Delete
  3. ijin simpan dulu mas , buat nanti kalo nemu masalah kayak gini bisa dipraktekin,, makasih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan disimpan dulu ya mas... semoga saja Sound pada komputer atau laptopnya mas indra aman-aman aja :)

      Delete
  4. oke mas makasih ne loh mas caranya. sangat membantu sekali mas.. mana tau sewaktu-waktu terjadi pada laptop saya atau temen...

    mang sih selama ne belum pernah dapat kejadian seperti ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aja ini gak terjadi sama siapa-siapa ya mas :)

      Delete
  5. sipp...trimakasih untuk informsinya yang berharga,,,marui ngopi2 mas :)

    ReplyDelete
  6. tutorialnya sangat bermanfaat sob, sukses selalu

    ReplyDelete
  7. Punya saya IC ya Malah Mas yang terbakar, nyari persamaan IC nya juga gak ada, jadi terpaksa nganggur deh Sound PC saya

    ReplyDelete
  8. mas mau tanya, kalau speaker besar itu bisa menyebabkan sound card rusak gak, soalnya punya saya ganti dua kali gara2 pakek speaker yg sama,,setelah speaker di ganti,,sampai sekarang masih aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speakernya sebesar apa ya mas...
      saya pernah juga pakai speaker besar dan sekarang masih pakai, aman-aman aja kok.

      Delete
  9. Salam...
    aq klik http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=260596 kok malah download mas ? trus aq klik hasil download-anya g kebaca sm kmptr & web. knp y mas ? please... tolonglah daku... ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar mas, itu memang link download, yang mas download itu adalah Tool yang mampu mengecheck atau menemukan masalah yang terdapat pada laptop atau komputer mas...

      Coba deh baca lagi untuk langkah yang nomor 4 itu :)

      Terima kasih...

      Delete
  10. makasih bnget mass .. infonya brguna bnget .. laptop saya udah brsuara kmblai .. :)

    ReplyDelete
  11. sukses slalu mass ..

    ReplyDelete
  12. Mas mau nanya klo speker laptop saya tiba tiba hilang kalau volumenya besar ... syaa coba tancap hedset nyala lagi saat dilepas masih nyala terus tiba tiba hilang lagi ... terus saya coba tekan mute volume tekan FN f8 2x nyala lagi soundnya beberapa kemudian mati lagi itu solusinya gimana ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ini masalah pada Driver Sound nya mas, coba install DriverPack yaa :)
      Kalo gak bisa juga cara terakhirnya hanya install ulang..

      Delete
  13. masalah mas d atas ane sama masalahnya sama ane :v
    ada solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya ada silahkan baca diatas ya, terima kasih :)

      Delete
  14. makasih gan laptop ane jd bersuara lg :)

    ReplyDelete
  15. pagi master..
    saya mengalami masalah sound, tp kalau masalah saya yaitu:
    suara laptop saya tidak mati total penyakitnya datang2an.. kadang ada suara kadang g ada suaranya tp lebih banyak g ada suaranya.. kira2 letak penyakitnya itu dimana yah saudara master.??
    mohon infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya juga seperti itu mas Andis, solusinya cuman satu, Install Ulang saja lagi laptopnya, kemudian Install DriverPack :)
      Silahkan baca ini, bisa install Windows 7 dan windows 8
      http://multiajaib.blogspot.co.id/2014/11/cara-install-windows-8-paling-lengkap.html

      Delete
    2. haloo master all saya david
      laptop saya juga sound nya kadang mati kadang hidup juga sperti bang andis sudah bbrpa q instal softwere nya sound ttp gak isa juga sudah q instal ulang windows 3x ttp saja gak isa sound nya terkadang
      mohon pencrahan nya master ALL

      Delete
  16. hufft untung aja balik lagi sound laptop gua.. sankyuu infonya

    ReplyDelete
  17. Makasih banget info yg terakhir berhasil, simple lagi caranya

    ReplyDelete
  18. Help gan

    speaket ane kenapa ya?
    waktu di colokin ke laptop gak ngeluarin suara,
    tapi waktu di colokin ke HP ngeluarin suara.
    itu yg salah laptop ata speaker nya ya?

    Tolong solusi nya gan

    ReplyDelete
  19. bang saya mengalami hal yang sama< suara laptop saya hilang tiba tiba, akan tetapi apabila pakai headset suara muncul... bagaimana solusinya? kalau masalah software, laptop sudah saya instal ulang malahan udah 3 kali, namun masalah tersebut belum juga terselkesaikan,, bagaimana solusinya? mohon dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba install driver sound nya belum mas?

      Delete
  20. Mas, gimana kalau masalahnya kayak gini..
    Laptop saya tuh waktu welcome suara nya ada, tapi pas saya masuk ke windowsnya,trus puterin lagu,eh malah gak ada suara,trus kalau saya shuot down baru ada suaranya. tapi pas shut down lagi,saya nyalain lagi kagak ada suaranya lagi...
    gimana tuh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah coba Install DriverPack belum mas?

      Delete
  21. mas punya saya sound nya kok harus pake headset ya kalau dilepas suaranya ngga ada

    ReplyDelete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?