Perbedaan Sistem Saraf Simpatik Parasimpatik

Setelah kita mengetahui tentang sistem saraf simpatik dan sistem saraf parasimpatik dan juga kita telah mengetahui persamaannya pada artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang perbedaan sistem saraf simpatik dan parasimpatik. Perbedaan dari sistem saraf simpatik dan parasimpatik ini terletak pada posisi ganglion.

Saraf simpatik memiliki ganglion yang letakknya disepanjang tulang belakang yang menempel disumsum tulang belakang sehingganya memiliki urat pra ganglion pendek, sedangkan saraf parasimpatik ini mempunyai urat pra ganglion yang panjang, mengapa? karena ganglion ini menempel diorgan yang dibantu.
Fungsi sistem saraf parasimpatik dan simpatik ini selalu berlawanan saja atau antagonis. Sistem saraf parasimpatik terdiri dari semua nervus vagus bersama cabangnya ditambah lagi dengan beberapa saraf otak yang lain dan saraf sumsum sambung.

Pada saraf parasimpatik dan saraf simpatik ini terdapat yang namanya penghubung antara sistem saraf efektor dan pusat, yang dinamakan ganglion tadi. Ganglion saraf simpatik ini berada didekat sumsum tulang belakang. Srabut praganglion saraf simpatik berukuran tidak panjang alias pendek, sementara serabut pasca ganglion sebaliknya yaitu berukuran panjang.

Saraf parasimpatik mempunyai serabut praganglion yang ukurannya panjang dan serabut pascaganglion yang cukup pendek.

Apabila dilihat dari ganglionnya.
Parasimpatik - Saraf parasimpatik ini memiliki serabut praganglion yang ukurannya panjang dan serabut pascaganglion yang ukurannya pendek. Ganglia neuron parasimpatik diletakkan didekat organ target.

Simpatik - Ganglion saraf simpatik ini terletak didekat sumsum tulang belakang. Serabut praganglion saraf simpatik ukuran yang pendek, sementara untuk serabut pascaganglionnya ukurannya tidak pendek, alias panjang.

Apabila dilihat dari cara kerjanya, hanya terdapat dua bagian, yaitu.
  • Parasimpatik menghambat kerja organ.
  • Simpatik merangsang kerja organ.
Yups, apakah anda sudah mengerti tentang perbedaan antara sistem saraf simpatik dan sistem saraf parasimpatik? jika anda sudah paham dan mengerti, ada bagian anda membagikan artikel ini keteman-teman anda yang sedang membutuhkan. Apabila ada kekurangan saya mohon maaf, semoga bermanfaat.

Perbedaan Sistem Saraf Simpatik Parasimpatik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al Fikri

0 komentar:

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?