Pengertian Rendah Diri dan Cara Mengatasinya

Rendah diri adalah penyakit atau biasa disebut dengan suatu penyakit yang lumayan berbahaya dan sikap yang sangat merugikan pada diri kita sendiri (pribadi).

Apabila kita teliti lumayan banyak yang menderita penyakit ini, hampir jutaan orang diseluruh Indonesia dan mungkin juga terjadi kepada kita sendiri.

Nah, berikut ini Multi ajaib akan memberikan penjelasan tentang arti rendah diri dan cara mengatasinya.

Pengertian Rendah diri.

Pengertian rendah diri adalah suatu perasaan yang menganggap diri terlalu rendah, atau perasaan yang terlalu rendah pada diri sendiri. Orang yang mengganggap dirinya terlalu rendah ini dikatan rendah diri. Nah, orang yang menganggap atau berperasaan dirinya kurang atau rendah, berarti iya menganggap diri sendiri tidak mempunyai kemampuan yang berarti.

Para ahli mengatakan salah satunya adalah Alder bahwa rasa rendah diri ini berarti perasaan yang kurang berharga timbul karena tidak mampuan psikologis atau sosial maupun karena keadaan jasmani yang tidak atau kurang sempuran.

Tips mengatasi timbulnya Rendah Diri

Pastinya setiap orang mempunyai kelemahan dan kelebihan sendiri. Agar bisa terhindar dari perasaan rendah diri, caranya anda dapat menyimak hal-hal berikut ini:
  1. Terimalah kekurangan yang ada pada diri anda dengan tulus. Anda harus mengakui dan juga menerima apabila setiap manusia itu pasti memiliki kekurangan dan didunia ini tidak ada manusia yang sempurna.
  2. Carilah kelebihan yang anda punyai, kelebihan yang anda miliki ini bisa anda kembangkan, sehingga nantinya akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri, dan anda pun akan bisa terhindar dari yang namanya Rendah diri.
  3. Harusnya anda itu bersyukur bahwa manusia ini diciptakan sebagai makhluk yang sempurna.

Sebab-sebab timbulnya perasaan Rendah Diri

Penyebab dari timbulnya Rendah diri ini mungkin tidak banyak sekali ya, disini hanya ada dua macam penjelasan tentang apa penyebab timbulnya rendah diri. Penyebab timbulnya rendah diri ini terbagi menjadi dua macam, yaitu Faktor Intern dan Faktor Ekstern, untuk penjelasannya mari kita simak sebagai berikut:
Kata-kata motivasi

Faktor Intern adalah Penyebab yang asalnya dari diri kita sendiri, contohnya adalah cacat pada tubuh, kelemahan menguasai bidang study tertentu, dan sulit untuk berkomunikasi.

Faktor Ekstern adalah Penyebab yang berasal dari luar diri. Seperti orang tua yang bercerai, ekonomi orang tua yang tidak mencukupi (lemah/tidak mampu), atau kerluarga sering cekcok.

Mengapa sifat Rendah diri ini sulit sekali untuk dihilangkan? sifat rendah diri sulit untuk dihilangkan apabila anda tidak ingin mengembangkan bakat-bakat anda yang telah anda miliki, tidak sering berkomunikasi dengan teman sekitar anda, dan jarang keluar rumah alias anak rumahan.

Pengertian Rendah Diri dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al Fikri

20 komentar:

  1. rendah diri emang nggak baik yamas,over PD juga gitu jadinya sombong,enaknya yg tengah2 saja

    jadi penyebabnya karena 2 faktor itu yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju juga dengan mas yanto :D

      Delete
    2. Wah-wah lagi lagi mas Yanto yang ambil pertamaxnya

      Delete
  2. Alhamdulillah dapat pencerahan berkunjung ke blog ini,,,,nice post sob,,,Terimakasih telah berbagi pengetahuan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas dede :) semoga bermanfaat yaa

      Delete
  3. untungnya saya mah ngga pernah rendah diri, jadi ngga perlu baca artikel ini sampe tuntas..betul tidak?

    ReplyDelete
  4. Rendah diri adalah suatu perbuatan yang terfuji iya mas? hehe

    ReplyDelete
  5. owhh ternyata pengertian Rendah diri itu jelek sekali yah gan menganggap diri sndiri itu terllalu rendah dari orang lain :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar sekali itu :)
      jadi gak usah harus merendah diri terus dong

      Delete
  6. Faktor Intern dan Faktor Ekstern ini yang bisa membuat seseorang menjadi merasa rendah diri. tapi banyak juga seseorang menanganinya dengan kekuatan hatinya agar tetap bisa di hargai orang lain...

    nahh buat orang yang seperti ini jangan lah kita jauhi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sekali orang yang suka merendah diri ya mas

      Delete
  7. semoga kita terhindar dr sikap rendah diri..aamiin

    ReplyDelete
  8. Minder itu gak enak memang ya.. Tipsnya bagus, terimah kekurangan, cari kelebihan, lalu kembangkan..

    ReplyDelete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?