10 Langkah Membuat Film Dokumenter

Sebenarnya ini bukan keahlian saya dalam membuat film dokumenter, karena nanti ada lomba membuat film dokumenter kami bertiga ingin mencoba membuat film dokumenter, dalam waktu yang cukup singkat juga sih, hanya 2 hari.

Sebenarnya siapapun bisa membuat film dokumenter mungkin anak pesantren-pun juga bisa  membuat film dokumenter. Tinggal kemauan dan niat saja lagi yang ditekankan, saya saja tidak menyangka film ini sudah jadi, walaupun belum pernah membuat film hehe. Langsung saja kita mulai 10 Langkah Membuat Film 

Baca juga : Beberapa Jenis Seni Rupa Terapan Beserta Gambar

Dokumenter :
Clapper board


1. Mencari Ide Cerita

Untuk membuat sebuah film, anda harus memerlukan ide cerita, sebaiknya diskusikan ide cerita tersebut dengan teman-teman anda, dan pastikan bahwa ide tersebut menarik untuk orang-orang yang akan menonton film anda. Nah, jika ada pesan yang ingin disampaikan, pastikan pesan tersebut jelas! terlihat difilm anda. 

2. Menulis Narasi

Setelah anda telah memiliki Ide untuk film anda, anda dapat menulis narasi pendek, ini akan menjelaskan ide anda, dan karakter atau peristiwa yang membentuk cerita film dokumenter anda. Anda juga harus memikirkan bagaimana anda harus menuturkan kisah anda dan menjelaskannya di narasi tersebut. Yang juga perlu dipertimbangkan adalah tujuan dan suasana film.
Misalnya : Apakah film tersebut akan bernuansa lucu atau serius. 

3. Buatlah Daftar Syuting

Setelah anda memiliki narasi buatlah daftar syuting, misalnya anda akan men-shoot mesjid, atap mesjid dan lain-lain sesuai dengan cerita film anda. Usahakan menggunakan tripod agar lebih terlihat profesional. Bagi anda yang baru pertama kali membuat film dokumenter harus PD alias jangan malu-malu, buat santai aja.

4. Bersiaplah

Perkirakan tantangan-tangan apa yang akan anda hadapi dalam pembuatan film, dan silahkan cari solusinya. Pertimbangkan faktor-faktor teknis yang berkaitan dengan cerita. Mungkin apakah cuaca yang akan menjadi faktor terpenting yang akan mempengaruhi pembuatan film anda.

5. Persiapan Pra Syuting

Ini tidak perlu peralatan yang mahal, seperti film-film keren yang kayak di tivi-tivi itu untuk membuat film dokumenter, kamera apapun dapat merekam video dengan baik. Untuk menjaga agar gambar tidak goyang, coba pegang kamera tersebut dengan baik, sebelum anda benar-benar merekam coba anda latihan terlebih dahulu.

6. Mulai Syuting

Film yang akan anda mulai nanti haru memiliki bagian awal, tengah, dan akhir. Biasanya ini tidak akan terlalu sulit, setelah anda mendapatkan bagian awal dan tengah, kini giliran membuat akhir dari film tersebut. Saat mengambil gambar film ada beberapa variasi yang dapat anda gunakan.
    1. Wide shoot : Pengambilan gambar dari jarak jauh
    2. Medium Shoot : Pengambilan gambar dari jarak menengah, sebatas pinggang
    3. Close Up : Dari jarak dekat.
Kombinasikan berbagai cara pengambilan gambar ini agar film anda lebih menarik

7. Wawancara

Sebelum mewawancara, silahkan anda susun pertanyaan terlebih dahulu, rumuskan pertanyaan anda, sehingga orang yang anda wawancarai mengkomunikasikan pesan yang ingin anda disampaikan, pastikan bahwa orang yang anda wawancara terbuka dan juga jujur. Untuk membuat orang yang akan diwawancarai tadi menjadi yakin, jelaskan tujuan dan maksud dari film anda.

Baca juga : Tips Cara Menjadi Pembawa Acara (MC) yang Baik

8. Membuat Daftar Rekaman

Setalah syuting, tonton semua rekaman-rekaman anda, dan catat atau seleksi bagian-bagian terpenting divideo yang telah anda rekam tadi. Coba anda pilih bagian-bagian yang terbaik untuk dipakai pada film dokumenter anda nanti.

9. Edit Film Anda

Untuk mengedit film ini, anda perlu menggunakan komputer dengan software editing video terbaik silahkan anda pakai software yang sederhana tapi mewah hehe. Sebaiknya anda harus menguasa software editing tersebut, agar proses editing ini akan menjadi mudah dan menyenangkan.

10.  Sebarkan Film Anda

Setelah film yang anda buat tadi selesai, dan agar film yang anda buat tersebut menjadi terkenal silahkan anda sebar diberbagai sosial media atau dimana saja. Apabila film anda itu menarik anda nanti pasti akan terkenal hehe.

Oke deh, mungkin ini saja langkah-langkah membuat film dokumenter, ini menurut pengalaman saya dalam membuat film dokumenter, semoga kedepannya film dokumenter saya ini bisa lebih baik dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat

10 Langkah Membuat Film Dokumenter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Al Fikri

9 komentar:

  1. wah... sepertinya menarik juga yia membuat film dokumentar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik dan melelahkan pastinya mas hehehe :D

      Delete
  2. Susah mas -_- susah editnya maksudnya :v ane butuh editor video yang banyak effect jadi yang liat ga bosen :D tapi tetep nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga sih...
      Kalo kita jago edit sama Record pasti hasilnya joss bangettt..... :) walaupun kamera yang kita pakai gak bagus-bagus banget

      Delete
  3. film gua "Lang Kwai Fong 4 " Sub Indonesia

    ReplyDelete
  4. kalo mau enakk edit nya pake avid media composser kaya gw gan

    ReplyDelete
  5. Izin comot yah gan :D
    http://blog-alfianyudi.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. apakah membuat film dokumenter sama halnya kita membuat film biasa
    maksudnya kegiatan talent kita yang atur
    dan setau saya film dokumeter berisikan kebenara kan
    kalo ada kegiatan atau kejadian yang kita atur apakah itu lepas dari unsur kebenaran?

    ReplyDelete
  7. Wah keren, izin salin materi ke blog saya ya...

    kebetulan tema nya sama, mampir ya

    http://mazdiasbikinfilm.blogspot.com/

    ReplyDelete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?