Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak

Hardisk laptop cepat rusak apa penyebabnya? biasanya di awali dengan apa? ketidak tahuan penggunaannya sampai-sampai hardisk ini rusak. Mungkin semua barang apabila tidak tahu menggunakannya akan cepat rusak juga sih menurut saya apalagi dengan barang mahal seperti hardisk ini.

Apakah anda pernah merasakan file yang hilang tidak diketahui penyebabnya, nah itulah ciri-ciri hardisk anda sudah tidak layak pakai lagi alias sudah rusak, atau komputer anda bekerja tidak seperti biasanya alias sangat lambat sekali, dan hal ini pun menurut saya sangatlah mengesalkan, apalagi saya ini orangnya tidak sabaran.

Nah, jika sobat ingin tahu apa penyebab hardisk bisa cepat rusak, kali ini saya akan membahasa masalah itu, jadi tenang saja sobh silahkan disimak ya.

Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak

Shutdown komputer dengan cara paksa
laptop tertua didunia
Sering banget hal ini terjadi dalam hal mematikan komputer karena malas atau orang yang baru mengenal dunia IT se-enak-enak nya saja mematikan komputer seperti mematikan televisi saja, seharusnya kita tidak perlu mematikan laptop seperti mematikan televisi atau sejenisnya sebaiknya dimatikan menggunakan opsi shutdown yang telah disediakan.

Tegangan listrik yang jelek
Tegangan listrik yang kurang normal disaat kita sedang asyk nge-blog atau bermain game dan tiba-tiba listrik padam atau tegangan nya sangat jelek komputer ini akan mati tiba-tiba kecuali yang menggunakan laptop, jadi sama-sama saja yang saya jelaskan pada poin nomor 1 tadi.

Goncangan yang kuat pada Hardisk
hal ini dapat mempercepat kerusakan pada hardisk anda karena ini lah yang dapat menyebabkan kerusakan didalam komponen hardisknya. Mengapa bisa? nah dengan timbulnya goncangan yang cukup kuat maka head hardisk yang mengambang di permukaan piringan hardisk bisa kendor atau pun lepas lebih parahnya dan akan menyentuh komponen-komponen lainnya.

Panas yang berlebihan
Suhu panas ini juga bisa salahsatu penyebab kerusakan pada hardisk dan komponen-komponen didalamnya bisa saja konslet dan akan mempercepat kerusakan pada hardisk anda.

Terlalu sering Install ulang
Apabila anda terlalu sering melakukan install ulang saya sarankan kepada anda untuk mengurangi kebiasaan yang satu ini apabila adan salah sedikit install ulang gak bisa dikit install ulang, karena ini akan membahayakan hardisk anda, hardisk akan bekerja secara tinggi dan ini akan memperpendek umur hardisk anda sendiri, dan yang jelasnya akan cepat rusak.

Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Munawir Alfikri

18 komentar:

  1. klw sy mas..prnh kena yg di point 4..:):),...jd tdk bisa dipake lg..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang gak bisa dipakek sampek sekarang ya gan;...

      Delete
  2. alhamdullilah Harddisk saya aweet soalnya selalu saya gunakan sesuai prosedur yang di berikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus deh kalau begitu gan :) pertahankan

      Delete
  3. Yang sering terjadi di Pontianak untuk beberapa minggu yang terakhir ini adalah terjadinya Pemadaman mendadak dari PLN. Ini sering terjadi dalam seminggu pasti ada pemadaman mendadak. Kadang listrik menyala pun masih belum stabil tegangannya sehingga komputer atau laptop menjadi sering hang. Sedangkan poin 1 sering juga saya lakukan, Hieiehiehei Memaksa PC atau Laptop mati dengan menekan agak lama di tombol POWER. Seharusnya kan Shut Down dengan proper

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau disini hampir tiap hari pemadaman listrik bergantian huhuhu...
      jadi kompi saya bisa mati mendadak deh...
      nah, kalau itu saya jarang banget mas..

      Delete
  4. Kalo sudah tau penyebabnya kita tinggal menjaga nya supaya tidak cepat rusak. Makasih Mas tipsnya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tepat sekali itu mas heri :)
      sama-sama mas

      Delete
  5. Yang paling sering aku lakukan adalah malas shutdown :D
    Makasih sharingnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kalalu gitu Kompi nya gak usah di shutdown aja mba Astri :D

      Delete
  6. Pantasan anak saya kemaren ini minta duit buat ganti hardisk laptopnya yang udah rusak. Padahal belum begitu lama laptop itu dibelikan...Oh, terima kasih pencerahannya, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh syang banget yaa Uda..
      laptop baru hardisk nya udah rusakk....

      Delete
  7. shutdown paksa ini yang sering saya lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.. jangan terlalu sering dong mas..
      kasian Komputer nya :(

      Delete
  8. Wah kalo saya seringnya yang nomor satu mas, kan laptop saya sering lama dimatiin, hehehe jadi ya matiin paksa, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe kenapa gak mati'in nya pakek cabut batre aja mas hihii tambah puarahh :D

      Delete
  9. rupanya sering install ulang juga bikin hardisk cepat rusak ya hohoho, mas bro kalo bisa bikin postingan cara memperbaiki hardisk eksternal yang bad disk, saya punya kendala itu mohon kalo ada waktu di share ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. karena keseringan install ulang hardisk juga bisa cepat rusak...
      Oke mas nanti saya coba bikin :-d makasih ide nya :D

      Delete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?