Pengertian dan Macam-Macam Seni Grafis Beserta Contohnya

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel lengkap tentang Pengertian dan Macam-Macam Seni Grafis Beserta Contohnya didalam artikel ini saya akan memberikan penjelasan dan juga contohnya.

Baiklah dari pada saya bercerita panjang lebar disini mari kita langsung saja menuju kepembahasan.
Berdasarkan dari teknik pembuatannya Seni grafis ini dapat digolongkan menjadi beberapa macam yaitu sebagai berikut:

1. Cetak Dalam ( Intaglio Print ) 

Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan Cetak Dalam atau intaglio print ini? Cetak dalam atau Intaglio Print ini adalah ragam seni grafis yang dalam proses pembuatan nya dilakukan dengan tahap cetakan yang terbuat dari plat alumunium yang dibentuk menggunakan alat yang tajam sehingga akan membentuk goresan yang dalam.

Setelah itu tinta dituangkan didalam goresan yang dalam tadi kemudian diatasnya diletakkan kertas yang sudah dibasahi dengan air biasa. Nanti tinta tersebut akan melekat pada kertas dan otomatis terbentuk menyesuaikan ukiran tadi. Teknik cetak dalam ini bisa digunakan dengan bahan alumunium, tinta, dan juga kertas. Untuk alatnya besi runcing atau paku.

2. Cetak Saring ( Screen Printing ) 

Apa pengertian dari Cetak saring atau bahasa inggrisnya Screen Printing ? cetak saring adalah sebuah ragam karya seni grafis yang dibuat melalui tahap cetakan dari bahan screen atau kain yang dilapisi dengan bahan yang peka akan cahaya. Screen kemudian ditutup film dan akan dilakukan penyinaran. Tahap selanjutnya screen akan dicuci nanti akan terbentuk cetakan yang berlubang (saring) sesuai dengan filmnya.

Cat dirakel dan dituangkan diatas screen sehingga terbentuk gambar sesuai dengan cetakan yang dibuat. Alat yang digunakan untuk cetak saring ini adalah Screen, rakel, dan meja sablon. Untuk bahan yang digunakan dalam cetak saring ini berupa afdruk seperti ulani, cromatine, film, dan cat sablon.

3. Cetak Tinggi ( Printing Hight )

Apa yang dimaksud dengan cetak tinggi ini? Cetak tinggi adalah ragam karya seni grafis yang pembuatannya melalui proses pembataan cetakan dari bahan yang di cuil atau dicungkil sehingga permukaannya akan menjadi tinggi dan juga rendah (relief). Nanti bagian yang tinggi ini akan dilumuri dengan tinta cetak dan alat rol karet. Setelah iti dicetak lagi pada lembaran kertas sehingga nantinya akan membentuk gambar yang sesuai dengan cetakan yang telah dibuat tadi.

Bahan yang digunakan untuk cetak tinggi ini adalah karetm hardboard, alumunium, kayu, cat minyak, tinta, kertas karton, kertas tela. Untuk alatnya adalah Pisau dan penggaris. Cetak tinggi ini contohnya bisa kita lihat pada pembuatan stempel atau cap.

Baca juga : Pengertian Pendidikan menurut para ahli

4. Cetak foto ( Printing Image )

Mungkin ini tidak asing lagi bagi kalian semua, tetapi saya akan menjelaskan ini lagi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan cetak foto? Cetak foto adalah ragam seni grafis yang pembuatannya melalui pemotretan dengan menggunakan Kamera, pencucian film, dan juga percetakan gambar foto.

Teknik cetakan afdruk ini untuk fotografi menggunakan bahan kertas, film, dan bahan-bahan cuci film lainnya. Alat yang digunakan untuk cetak foto ini adlah kamera. Sedangkan bahannya adalah tinta dan kertas dengan alat komputer, kamera, dan juga printer.

Gambar Seni grafis
Seni Grafis
Bagaimana sobat? apakah anda sudah mengerti tentang macam-macam dan juga pengertian seni grafis ini? nah apabila anda sudah mengerti syukurlah dan bagi anda yang belum mengerti rajin-rajinlah untuk belajar

Semoga artikel saya yang berjudul Pengertian dan Macam-Macam Seni Grafis Beserta Contohnya dapat memberikan manfaat dan juga bisa membantu kalian semua.

Pengertian dan Macam-Macam Seni Grafis Beserta Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Munawir Alfikri

33 komentar:

  1. Nambah ilmu disini mas seputar seni grafis. Terima kasih sharenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur deh mas kalau kedatangan mas disini bisa menambah ilmu tentang seni grafis :)
      terima kasih kembali atas kunjungannya...

      Delete
  2. Wah sharing nya bermanfaat gan.. hehe :)

    ReplyDelete
  3. ternyata banyak juga ya macam seni nya, yang saya tau cetak poto aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mas Nabil :)
      sepertinya untuk cetak foto lumayan banyak juga sih yang tau ;)

      Delete
  4. masih bingung dengan cetak saring... T,T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingungnya dibagian mana ya mas IONE :)

      Delete
    2. kalau tukang sablon manual pasti tau apa itu cetak saring ya mas :D

      Delete
  5. oh jad ada 4 tahapan yah, thanks gan ilmunya

    ReplyDelete
  6. ternyata banyak juga ya teknik pembuatan seni grafis, berbagai macam cetakan. tapi selama ini yang saya tahu hanya cetakan kue aja wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  7. Point banget jd nambah wawasan nih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh syukur deh bisa menjadi bertambah wawsan mas purnomo. jadi tambah tau deh tentang pengertian dan macam-macam senir grafis

      Delete
  8. Mantab mas Fikri, jadi lebih paham lagi mengenai macam-macam seni grafis deh mas.
    Terima kasih ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... syukur deh kalau begitu mas syairurrahman :)
      salam kenal yaa makasih atas kunjungan nya

      Delete
  9. infonya bagus nih mas, benar-benar menambah wawasan saya :-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur deh kalau bisa menmbah wawasan kang ucup ^_^

      Delete
  10. Wah,,,,, selama ini saya hanya tahu sebatas kreatifitas seninya saja Sob, ternyata di balik semua seni grafis ada bermacam-macam juga ya.....? terimakasih sudah sharing jadi saya tambah mengerti.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam-macam seni grafis ini juga ada mas Indra :)
      hehe terima kasih kembali :)

      Delete
  11. seni grafis banyak macamnya, kalo diperdalam ada banyak hal bisa dikembangkan.

    ReplyDelete
  12. seni grafis yang emang ngga pernah ngerti ternyata juga memiliki beberapa macamnya ya...makasih ilmunya kak

    ReplyDelete
  13. Banyak macamnya juga ya mas seni grafis nie, dan pastinya membutuhkan keahlian khusus dan seni kreatifitas untuk bisa menghasilkan sebuah karya yang fantastis, terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?