Penyebab Komputer Menjadi Lambat

Mengapa laptop saya lelet banget
Sumber : Google.com
Sudah 2 hari saya tidak menulis postingan nih, rasanya gimana gitu hehe, dan alhamdulillah pada hari ini saya dapat kembali dengan aktifitas nge-Blog saya. Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi info mengapa komputer menjadi lambat apa penyebabnya? mungkin itu akan saya jawab, semoga saja apa yang saya share disini bisa bermanfaat ya sobh.

Mungkin tidak saya saja yang pernah mengalami hal seperti ini tetapi banyak juga yang mengalami yang nama nya lelet pada komputer, ataupun smartphone juga sering terjadi, karena berbagai macam alasan. Baiklah langsung saja kita simak Apa saja penyebab komputer menjadi lambat.

1. Kekurangan memory
Maslah yang pertama adalah yaitu karena minimnya RAM pada komputer/laptop hal ini juga bisa penyebab dari masalah komputer yang lelet, jadi apa bila anda ingin membeli Laptop/PC usahakan pilih Kapasitas yang TOP , saya sarankan minimal RAM 2GB saja.

2. Aplikasi/program yang banyak terinstall
Hal ini pasti banyak sekali yang mengalami masalah seperti ini, bukan hanya pengguna Laptop/Pc tetapi penggun Smartphone juga pastinya, menginstall terlalu banyak aplikasi bisa menyebabkan lelet pada Laptop ataupun smartphone tersebut. Jadi sesuaikanlah dengan prangkat yang anda miliki.

Setelah itu priksa juga program apa yang terinstall pada smartphone atau PC anda, Unninstall program yang tidak terlalu penting, karena itu hanya membuat komputer/laptop anda menjadi berat, untuk pengguna smartphone juga begit sobh.

3. Terlalu banyak startUp programs dan service yang sedang berjalan
Nomor tiga ini berkaitan dengan sebelumnya tadi, semakin banyak program yang terinstall pastinya semakin banyak juga program yang berjalan ketika startUp.

Nah, kalau begitu nonaktifkanlah program dan service yang sedang berjalan tersebut, caranya klik Windows+R , kemudian tuliskan bacaan " Msconfig " pindah pada tab service dan juga startUp uncentang pada aplikasi yang tidak penting.

4. Karena ada masalah pada Hardisk
Sobat tentu tahu dong dengan yang namanya hardisk , ya hardisk ini merupakan komponen yang penting setelah RAM yang dapat menyebabkan komputer kita menjadi lambat. Biasanya masalah yang lambat yang disebabkan oleh hardisk ini adalah.
  1. Hardisk Low Space.
  2. Hardisk terfragmentasi.
  3. Hardisk yang jadul, sehingga rpm nya menurun.
  4. hardisk bac sector.

Tips atasi komputer lambat karena masalah pada hardisk adalah.
  1. Melakukan defragmenter pada hardisk secara teratur.
  2. Ganti hardisk yang baru atau menambahkannya.
  3. Silahkan perbaiki hardisk tersebut dengan tool checkdisk.
  4. Hindari hardisk dari debu, bersihkan secara teratur.
5. Karena adanya masalah pada jaringan/Network
Hal ini terjadi akibat jaringan yang terlalu tinggi, switch atau hub yang hank ataupun adanya virus yang masuk kedalam sistem komputer kita. Jadi kita harus mengatasi hal tersebut, caranya copot dan kemudian pasang kembali konektor RJ45 pada LAN Card, kemudian restart Switch/hub setelah itu guakan program Port scanner untuk melihat paket dara apa saja yang keluar masuk dari komputer sobat.

Penyebab Komputer Menjadi Lambat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Munawir Alfikri

10 komentar:

  1. haha keren gan tipsnya, gambr siputny kocak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siput nya kayak nyaa Lagi Happy tuh gan hihii :D

      Delete
  2. berarti menyimpan file di pc/laptop harus yang penting-penting saja ya gan bias komptrnya tidak lemot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuman di simpan sih menurut saya gak msalah mas.. tapi kalo install maksd saya itu mas hehe :D,

      Delete
  3. punya saya masih normal, kalo iya terjadi saya cek satu2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aja gak terjadi apa ya gan sama laptop nya :D

      Delete
  4. File saya lumayan banyak gan. Terkadang, ini juga bisa menyebakan kinerjanya lambat. Dan jika terlalu banyak aplikasi yang sedang dibuka, ini juga bisa menjadikan lamban ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.. sebaiknya matikan Program yang gak penting pada saat start Up itu

      Delete
  5. kurang bagus spek komputernya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belii baruu mas.. cari yang bagus hehehehehe :D (y)

      Delete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?