Apa Fungsi Eject/Safely Remove Flashdisk

Haloo.. selamat malam semuanya, nah pada malam hari ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan, tentang Fungsi Eject/Safely Remove Flashdisk . Sebenarnya sih lagi males banget mau ngetik, tapi gak apa-apa lah , orang mau berbagi kok, kan gak ada salahnya hehe.

Dengan melakukan eject pada flashdisk sebelum mencabut flashdisk tersebut merupakan hal yang cukup banyak diketahui oleh pengguna Laptop maupun PC juga.

Mungkin selama ini kita sering sekali melakukan proses eject/safely remove drive flashdisk sebelum kita mencabut flashdisk tersebut, yang jadi masalahnya , apakah kalian yang sering melakukan Eject remove drive pada flashdisk ini sudah tahu apa kegunaannya, dan apa ke-untungannya? Apakah kita mendapatkan untung atau rugi, atau mungkin tidak ada pengaruh apa-apa?

Apa guna Eject pada flashdisk

Mungkin juga selama ini kita melakukan proses eject/safely remove dive flahsdisk ketika ingin mencabut flashdisk tersebut hanya ikut-ikutan teman saja, setiap teman kita sebelum mencabut flashdisknya mereka selalu meng-eject flashdisk tersebut.

Sekali lagi saya katakan apakah anda tahu apa fungsi dari eject pada flashdisk tersebut? baiklah bagi yang belum tahu apa sebenarnya fungsi eject sebelum mencabut flashdisk ini, malam ini saya akan menjelaskannya , semoga saja mudah dimengerti ya sobh.

Sebenarnya saya tidak suka sih, apabila sebelum mencabut flashdisk harus meng-ejectnya terlebih dahulu, karena itu butuh memakan waktu, wew "sangat menyebalkan"

Saat kita memasukkan flashdisk ke dalam Port USB Laptop/PC, maka otomatis data dikomputer tersebut terhubung dengan flahsdisk bukan ( semua orang tahu mungkin ), setelah itu kita langsung melakukan aktifitas dikedua Hardware ini yaitu flashdisk dan Komputer akan melakukan yang namanya proses copy-paste ( saling menyalin data ).

Saat kita melakukan copy paste tersebut, data file yang telah dicopy-paste tersebut sebetulnya gak langsung tersimpan kedalam flashdisk sob, tapi masih ada didalam cache memory. Sebenarnya proses pemindahan data/file ke cache memory ini sangat cepat. Sehingga , apabila kita membuka flashdisk kita diExplore, seolah-olah file yang kita copy-paste tadi sudah berada dan tersimpan ditempat tersebut dengan utuh.

Apa Akibat Tidak Melakukan Eject/Safely Remove Drive Flashdisk ?

Menyebabkan Terjadinya Corrupted pada File

Disaat kita melakukan copy kedalam flasdisk dengan ukuran file yang lumayan cukup besar, coba deh kalian liat isi dalam flashdisk tersebut ( loading agak lama cuys ) ukuran file didalam flashdisk tersebut kita rasa sudah cukup.

Jadi pasti kita mengira proses copy file tersebut sudah selesai "padahal belom" , terus langsung kita cabut deh flashdisk tersebut, saat kita lihat file itu di komputer lain, file yang kita copy tadi tidak akan bisa di buka, karena itu tadi, File nya corrupt hehehe sian deh lo. Sabaran dikit napa.

Jadi Tidak Tahu Bahwa Masih Ada Aktifitas yang Dilakukan kedua perangkat

Seperti yang sudah kita bahas diatas tadi, apabila kita langsung mencabut flashdisk tersebut tanpa meng-eject nya terlebih dahulu sementara proses copy-paste itu masih berlangsung , maka file yang kita copy tadi tidak akan tercopy se-utuh nya " denger tuuhh ".
Sebenarnya sih kalian sudah tahukan , apabila mencabut flashdisk tanpa melakukan Proses Eject/safely flashdisk kita akan cepat rusak. Jadi hal ini sangatlah diperlukan, karena apabila anda tidak melakukannya maka flasdisk anda lah yang akan menjadi tumbal nya haha.

Eh! tapi hampir 1 tahun sudah flashdisk saya dan saya sangat jarang sekali melakukan yang namanya proses Eject/safely ini tetapi sampai sekarang alhamdulillah gak ada rusak. Dan pernah juga flashdisk saya ini kemasuk dalam air, bukan hanya sekali tetapi sudah 3 kali sobh. Berarti ini tergantung dengan flashdisk merk apa yang kita pakai ya.

Ya sudah, ini saja yang dapat saya share pada malam hari ini. karena lagi kagak mutz mau ngetik hehe..

Apa Fungsi Eject/Safely Remove Flashdisk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Munawir Alfikri

10 komentar:

  1. waduh lumayan besar juga nih akibatnya, saya kadang langsung cabut aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, saya juga begitu , malahan jarang sekali melakukan yang nama nya eject heheh :D

      Delete
  2. Cuma tahu harus dieject, kalau kenapa kok harus gitu saya baru tau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh.. jadi baru tau nya disini dong mas wkwkwkwk :D

      Delete
    2. Lagii lagi iya gan :D hehehe pis menn

      Delete
  3. hmmm... tapi kadang malas buat "eject safely" , apalagi kalau tiba - tiba ada peringatan "Can not eject bla bla" entah karena virus atau lainnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu nya sih saya begitu mas..
      tapi sekrng kalo mau cabut flashdisk,, kayak nya di eject dulu dehh hehe :)

      Delete
  4. ah si om, lagi gak mood nulis tapi tulisannya panjang banget, gimana klo lagi mood :3

    soal fd yah, aku pernah dulu, dan isinya file desain 3d aku, uda kerjain dari nol sampe finish sampe render > copy FD (*ceritanya uda deadline mau dikumpulin) > langsung cabut tanpa eject > sampe sekolah file nya gak ada, (*nangis darah, mimisan) wkwkwkwk

    alhasil harus ulang lagi bikin dari nol, dan nilai pas-pasan soalnya gak maksimal gegara buru*, kapok deh gak eject dulu >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..
      gaswat banget tuh mba. dengan susah payah banget buat tuh, terus sampek gak ke Copy file nya...

      Delete

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?